Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Makalah Kewirausahaan TERNAK KROTO

Makalah
Kewirausahaan
TERNAK KROTO


Disusun Oleh :

 M. Fikri Rofiudin    (1402040442)

Dosen  : Ir. Moch. Noerhadi Sudjoni, M.B.A.




FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS A.WAHAB CHASBULLOH
PTA 2014/2015


KATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah “Kewirausahaan” yang berjudul “Ternak Kroto” dan menjadi salah satu tugas dari mata kuliah Kewirausahaan ini dengan baik dan lancar.

Penyusunan makalah tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, oleh sebab itu dengan segala ketulusan dan kerendahan hati kami ingin mengucapkan terima kasih kepada: 
1.       Bapak Ir. Moch. Noerhadi Sudjoni, M.B.A, selaku dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan.
2.       Teman – teman yang membantu dan mendorong serta memberikan informasi yang sangat diperlukan dalam penyusunan makalah ini.

Kami sebagai penyusun makalah ini menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan di masa yang akan datang. Akhir kata, semoga makalah ini bermanfaat bagi kami selaku penyusun dan penulis makalah ini pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya sebagai referensi tambahan di bidang ilmu Pengantar Manajemen.

                                              
                                                    
                                                                                        Jombang, 24 Nopember 2014


                                                                                                        Penyusun



Kisah Sukses Ternak Kroto Hasilkan Jutaan Rupiah

Ternak kroto meskipun terlihat sederhana, namun sebenarnya sangat menguntungkan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, nyatanya dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah. Dengan semakin meningkatnya jumlah penggemar burung khususnya burung kicau, maka kebutuhan akan pakan burung termasuk kroto semakin meningkat dan ini tentu menjadi peluang usaha tersendiri yang sangat menguntungkan. Dan fenomena ini berhasil di lihat oleh pria asal Jombang jawa timur yang sukses dengan bisnis krotonya.

Prihandono, beliau berumur 47 tahun asal Jombang Jawa Timur berhasil mendapatkan penghasilan 1 juta rupiah perminggu dari hasil usaha ternak kroto. Pak prihandono telah menjalankan usahanya sejak tiga tahun yang lalu. Usaha ini memang masih belum terlalu populer, padahal prospek pasarnya sangat besar karena sebagian besar persedian kroto sebagai pakan burung berasal dari tangkapan alam yang tentunya masih sangat terbatas. Untuk itulah, petani kemudian mencoba untuk menjalankan usaha ternak kroto yang memang sangat menguntungkan.

·        Jenis-jenis kroto

1. Kroto Basah
Kroto ini adalah favorit burung. Kroto basah adalah kroto yang masih baru dan punya kadar air tertinggi mencapai 78,72 persen, sehingga mudah menjadi basi. umunya kroto basah dapat bertahan satu hari.
Agar Awet kroto basah sebaiknya dimasukan ke dalam kulkas dan dibungkus dengan kertas supaya air terserap oleh kertas. Jika dimasukan kedalam kulkas kroto basah bisa bertahan hingga tiga hari. Kroto basah mempunyai kandungan gizi tertinggi 47, 80 % dan menjadi yang paling tinggi dibanding jenis lainnya.

2. Kroto Halus
Krot halus terdiri dari semut pekerja yang kecil dan besar, tanpa harus diawetkan kroto halus bisa bertahan hingga seminggu. Namun kroto jenis inilah yang paling tidak disukai burung.

3. Kroto kasar
Kroto kasar terdiri dari Ratu semut dan semut rangrang jantan. Kroto kasar dapat bertahan hingga satu minggu

4. Kroto Kacang
Kroto kacang terdiri dari ke 3 kroto diatas namun ditambah dengan campuran lain seperti kacang, padi, jagung, dedak, ver dan beras ketan. Sama seperti yang lain kroto kacang ini bisa bertahan satu minggu. Yang menjadi kelebihan dari kroto kacang adalah kandungan lemaknya yang mencapai 17,07 % paling tinggi dibandingkan jenis kroto yang lain.


·        Cara ternak kroto (semut rangrang)

Adapun cara ternak semut rangrang yang di jalankan oleh pak Prihandono terbilang cukup sederhana. Rumah semut hanya berasal dari botol bekas air mineral yang banyak di jumpai di tempat sampah dan di tempat ramai serta bisa di dapatkan dengan gratis.

Setiap hari, Pak Prihandono harus memberi makan dan minum agar semut yang ia pelihara tidak mati serta mempercepat proses telur semut. Tak hanya itu, beliau juga menjaga suhu ruangan dengan cara menyemprotkan air dengan bentuk embun agar cuaca tidak terlalu panas.

Untuk menjaga agar proses produksi telur berjalan lancar, pak Prihandono menyiapkan tampat khusus yang tenang untuk ternak kroto.
Agar hasilnya lebih maksimal lakukan langkah-langkah berikut :

1. Persiapan Tempat.

Mempersiapkan tempat untuk beternak kroto, Menangkarkan semut Rangrang sebenarnya tidak begitu susah, Tetapi perlu anda ingat, Ada beberapa hal yang perlu anda hindarkan seperti berikut di bawah ini.

A. Jangan terkena sinar matahari secara Terus-menerus, Dalam hal seperti ini butuh atap apabila di Alam bebas.
B. Usahakan tempat yang teduh, Bersih dan media tidak bersentuhan langsung dengan perabotan, dan yang lain nya.

C. Usahakan rak tempat media ternak tangkar lebih dari satu (Jangan satu rak di pakai untuk banyak koloni yang banyak pengambilanya berbeda tempat, (Untuk meminimalisir berantem sesama semut).

D. Jauhkan dari jangkauan Anak-anak.

E. Tempat ternak tangkar bukan area lalu lintas penghuni rumah (Dekat kamar mandi, Dapur, Dan tempat yang lainya).

F. Bersihkan tempat dari semut merah Kecil-kecil atau serangga pengganggu yang lainya.

G. Jangan di lakukan satu toples satu nampan untuk mengisolir semut (Agar Hemat, gunakan rak dengan kaki utama saja yang di beri nampan/Kaleng bekas Susu wadah serupa).

H. Jika anda modalkan alangkah lebih baik buat rak model lemari yang bersaf atau bertingkat seukuran toples/wadah yang anda pakai jarak tingkat satu dengan tingkat yang lain. Yang lebih utama ada penutup seperti lemari, Jadi anda bisa memberi suasana yang gelap dan terang pada laskar kroto anda. Apa penyebab harus ada suasana terang dan gelap?... Terindikasi semut Rangrang dalam perkembangbiakan lebih menyukai tempat yang gelap, (Berkurang cahaya untuk persembunyian kroto) Di samping itu juga Insting alami untuk berlindung.     

2. Cara membuat/Mempersiapkan Rak

Rak di dalam beternak rangrang penghasil kroto sangat vital Perananya, Jika kita tidak mempertimbangkanya sebelum membuat kan berpengaruh dalam perjalanan proses penangkaran. Sangat jelas ada pengaruhnya, Kita ambil contoh kecil pada awal beternak Jika Asal-asalan Membuat atau menyediakan Rak.

Misalnya, Rak anda hanya sebuah papan yang hanya di topang batu, Kemudian di letakkan diatas nampan yang sudah di beri air, Apakah betul Rak anda tersebut dapat anda pakai untuk mengisolir laskar semut anda yang mencapai ribuan/Puluhan ribu personil. Tetapi apakah anda menyadari apabila terjadi kelalaian/Human Error kecil saja dapat berakibat Fatal. Contohnya, Anda lagi mengamati prolaku si Semut, Tidak anda sadari sebelumnya ada satu yang menggigit anda dan reflek tangan anda bersinggungan dengan Papan (Prakkk) Bisa anda bayangkan apakah yang terjadi selanjutnya..! Pasti tumpah kelantai dan berserakan ribuan Semut. Dan anda [asti repot untuk mengembalikan kepada keadaan yang semula lagi. Semut Rangrang sangat takut jika bersentuhan dengan abu gosok sisa pembakaran kayu/sekam. 

3. Persiapan Kandang Ternak Tanggkar

Membahas persiapan kandang ternak tangkar. Persiapan rak atau media dan fungsi serta kegunaanya sama dengan Rak. Bisa berupa lemari yang di modifikasi, Bisa juga rak terbuat dari plat besi/stainless steel yang ada di jual di Toko-toko bahan bangunan terdekat, Bisa juga dengan barang bekas rumah tangga seperti bale Bambu Tempat Tidur.

Jangan anda terpaku dengan pada Kualitas/tingkat mewah mutu rak yang di pakai, Perhitungkan juga kuantitas dari segi hitungan orang bisnis. Buat apa rak bagus, Yang terbuat dari Stainless steel Kalau hasil perbulananya dari penjualan kroto tidak dapat menengembalikan modal utama anda. Apakah lebih baik memakai bale bambu yang kusam, Tetapi tingkat kekokohan menopang ribuan bahkan ratusan ribu laskar kroto Terjamin. Dan menghasilkan Rupiah perbulanya.

Tempat kandang ternak tangkar, Kandang ternak tangkar dalam hal ini, Ruangan yang kita pakai/Kegunaan untuk mengisolir laskar kroto terebut. Bisa berupa ruangan yang telah jadi atau yang telah ada. Yang menyatu dengan rumah utama tempat tinggal anda. (Misal, Kamar kosong) Atau di buat sendi di belakang dan di samping rumah anda. Silahkan saja mana yang menurut anda baik dan aman pastinya. Karena ruangan yang kita pakai harus memenuhi Kriteria Sebagai berikut.

1. Bukan area lalu lintas penghuni rumah : Biar tingkat ketenangan para laskar semut kita aman dan terjaga. Intinya tempat ruangan ternak tangkar tersebut (Bukan area lalu lintas) Seperti : Dekat kamar mandi, Di dapur yang rutinitas keseharian yang selalu kita di lewati, Karena insting semut rangrang sangat peka dengan suara, (Mereka tidak mau terganggu dan di ganggu).

 
2. Bersih : Dalam hal ini bersih yang di maksut sirkulasi udara serta pancaran sinar matahari bisa masuk di ruangan. Bersih, Dalam hal ini sirkulasi udara bai keluar masuknya, jadi kalau di dalam ruangan haruslah ada jendelanya. Karena semut rangrang sangat menyukai udara yang bersih.

3. Terlindung dari terik matahari secara lansung, Juga terlingdung dari guyuran air hujan, Dalan hal ini membutuhkan atap jika di luar ruangan Rumah. Dan harus terlindung dari panas matahari secara lansung juga terhindar dari terpaan air hujan. Maka di butuhkan atap bagi anda yang sengaja meletakkan kandang ternak di luar ruangan rumah.

Masalah atap juga tidak harus terbuat dari bahan-bahan mewah sepeti Genting, Seng, Asbes, Dan yang lainya. Untuk anda yang di luar pulau jawa sepengetahuan saya dan yang telah tergabung di (LKP) Laskar kroto pakai atap yang terbuat dari daun nipah/daun sagu.

4. Kalau kandang di dalam ruangan rumah harus ada jendelanya.

5. Tidak ada perabot yang bisa bersentuhan langsung dengan rak atau terjangkau oleh semut.

Tidak ada perabotan yang bisa bersentuhan langsung dengan rak atau terjangkau semut. Karena akan di pakai semut untuk melarikan diri, Minimal jarak 1 jengkal atau lebih, Kalau terpaksa anda campur dengan gudang Barang-barang. Ingat semut rangrang adalah binatang pintar yang bisa melakukan bunuh diri sebahagian untuk menyelamatkan banyak Teman-temannya yang lain. Dan dapat juga membuat jembatan dengan sistem bergelantungan mengait satu dengan yang lainya.

6. Jauhkan Dari Kebisingan/Keributan Dan jangkauan Anak-anak.

Jangan terlalu Kebisingan/Keributan, Misalkan di sebelah kandang ternak ruangan anda, Kemudian anda memutar muik secara keras, Sangat berpengaruh di proses adaptasi serta perkembangan semut tangkaran anda. Bagi yang mempunyai si kecil, Tolong jangan sampai si kecil masuk ke ruangan tampa pantauan anda, Saya tidak menjelaskan akibatnya, Cuma, Anda akan di buat sibuk Apabila si kecil menumpahkan satu toples saja.

Cara budidaya Klangrang dengan media bambu diatas kolam. Potong bambu sepanjang 40 cm Dan satukan dengan beberapa potong bambu dengan kayu , Lalu letakkan bambu tersebut pada sebuah rak diatas kolam supaya semut tidak dapat keluar/bepergian.Kolam berfungsi juga agar semut tidak terganggu oleh semutsemut hitam atau sejenis serangga lainya. Kemudian pindahkan bibit semut klangrang bersama ratunya kedalam Bambu. Pakan : Berupa Tulang-tulang hewan, Bangkai, Serangga.

7. Tambahkan air gula, Karena Semut-semut sangat membutuhkan Rasa-rasa yang manis dan jangan lupa memberinya vitamin.


·        Cara membuat Rumah semut rangrang

1. Toples
Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan, gelap juga rapopo. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto toples.

 2. Nampan

3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.
Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau  bisa juga membiarkannya.

4. Batu bata atau yang lainya di taruh di atas nampan sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air. 


·Cara memindahkan sarang kroto alam
Cara pertama 
Potong batang sarang semut rangrang (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan, bisa pakai sarung tangan di lumuri tepung tapioka supaya mengurangi gigitan semut rangrang.

Masukan kedalam karung / plastik / toples  atau apa saja yang sekiranya ada celah / lubang udaranya untuk perjalanan kerumah.
Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung tapioka supaya semut rangrang tidak terlalu banyan yang naik dan keluar
Masukan sarang kroto kedalan ember plastik tersebut dengan catatan harus di buka atau buang daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.

Buat jembatan penghubung koloni semut antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa. 

Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami.Catatan : Dekat toples harus tersedia makanan dan minuman

Cara ke dua:
Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Sobat bisa langsung meletakan kedalam toples dengan menggunakan tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya. Tidak sampai menunggu habis semut di dalam ember.

Cara ke tiga
Pakai teknik anda sendiri tentunya (masih banyak cara).
Cara ke empat
Letakkan sarang kroto alam yang masih ada daunya di atas rak. Ambil Dan kurangi perlahan lahan daun pada sarang kroto. Siapkan juga toples kosong sudah di kasih lubang beserta makanan dan minuman di samping toples. Cara ini membutuhkan proses yang cukup lama.
Letakkan ember plastik sudah di kasih tepung tapioka dindingnya taruh di atas rak kroto yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Kemudian masukkan sarang kroto alam kedalam ember tersebut dan bongkar ambil daun beserta jaringnya sampai bersih dari kotoran. Setelah itu masuk kan toples kosong kedalam ember tersebut. Sesuaikan jumlah toples dengan kondisi lebar ember. Cara ini jauh lebih efektif dan lebih joss gandoss, semut rangrang jauh lebih cepat masuk dan bersarang kedalam toples. Bisa di tinggal sewaktu waktu.

·        Cara Memperbanyak Koloni Semut Kroto Toples

Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mencoba cara memperbanyak koloni semut kroto di toples agar bercabang.

1. Harus ada ratu
2.Sarang sudah berumur lama.
3. Sedikan toples kosong

Langkah-langkah :
1.       Gerombolan semut yang ada ratu semut rangrang bisa kita manfaatkan untuk membuat koloni baru dengan cara mengambil secara manual kemudian di pindah kedalam toples kosong yang sudah kita sediakan. Cara ini di gunakan apabila ratu semut tidak mau jalan jalan alias betah di  sarang lama.  Jangan lupa , tetap di kasih lubang udara untuk keluar masuk semut tetapi lubang hanya sebesar semut prajurit yang paling besar.

Catatan : Ratu semut jangan di pindah dulu sebelum membuat jaring putih pada sarang toples yang baru.

2. Sarang yang sudah berumur lama, bisa di lihat pada jaring putih yang sudah berubah warna agak kusam putih mbluthuk. Sarang tersebut bisa di bongkar abis, jaring di buang abis supaya bisa membuat sarang baru. Pembongkaran di lakukan tetap pada media yang sama(rak). Toples kosong tetap harus di sediakan. weittt...jangan lupa toples kosong dekatnya di kasih minum dan makanan. atau di dalam toples bisa di kasih ulet hk. Tempatkan daun beberapa lembar saja ojo akeh akeh. Daun tersebut bisa di celup dengan air gula kemudian di letakkan di atas toples kosong.


·        Cara Panen Kroto Dalam Toples 

Berikut ini adalah alah yang perlu kalian siapkan agar rang rang juga aman dari kematian karena reflek  anda ketika di gigit biasanya langsung di tampong jadi mati tuh semut.  Sediakan :
       I.            Ember : Sediakan 2 buah, yang satu untuk membongkar yang satunya lagi untuk tempak kroto.
    II.            Sarung tangan : gunanya untuk menjaga dari gigitan semut.
 III.            Tepung pati : Tepung ini gunanya untuk dioleskan pada ember agar rang rang tidak bisa naik, jangan lupa oleskan pada sarung tangan.
 IV.            Lidi : Untuk merobek selaput jaring kroto, sebenarnya bis juga pake tangan langsung.


    V.            Nah pengambilan kroto bisa kamu tepuk-tepuk bagian pantatt toples agar berjatuhan ke ember, tapi saya sarankan jangan karena ada cara yang lebih aman yaitu dengan cara jangan melepas tutup toples tersebut karena untuk tempat jatuh kroto, setelah jatuh baru kalian buka tutup dan tuang ke  ember.
Jangan lupa ambil dulu krotonya baru sisanya semut dewasa tuang ke ember, atau langsung balikin langsung ke toples, Pilih yang paling mudah menurut kalian.


·        Modal dan Pendapatan

Berkat ketelatenannya, beliau dapat mendapatkan omzet Rp. 4 juta - 5 juta / bulan dengan modal hanya ratusan ribu rupiah. Selain itu, usaha budidaya kroto juga tergolong usaha yang sangat mudah di biakkan sehingga sangat pas untuk usaha utama maupun usaha sampingan yang dapat di jadikan bisnis rumahan.

Untuk pakan kroto, Pak Prhandono menggunakan jangkrik serta gula. Untuk menjaga kesehatan semut serta memberi asupan gizi, Prihandono juga memebeli obat - obatan. Jumlah uang yang di keluarkan oleh bapak tersebut rupanya hanya berkisar Rp. 100.000 - Rp. 200.000, sementara keuntungannya bisa mencapai jutaan rupiah,. Karena alasan inilah, Pak Prihandono yang awalnya adalah peternak kambing kemudian berganti mata pencaharian sebagai pelaku usaha ternak kroto.

Harga kroto memang terbilang sangat lumayan, untuk satu kilo gramnya, Kroto bisa mencapai angka Rp. 150.000, dan bisa lebih mahal di beberapa kota besar sementara permintaan selalu saja melebihi stok produksi yang tersedia. 

·        Resiko
1.    Kematian bibit
2.    Cuaca
3.    Suara yang terlalu berisik (kebisingan) dari anak-anak.

·        Penanggulangan
1.      Memberi vitamin
2.      Mengatur suhu dalam ruangan
3.      Dihindarkan dari anak-anak.

·         Daftar pustaka
Sumber :
1.      Bpk. Prihandono wargra Temuwulan-perak-jombang



Share:

Popular Posts

Fikri Rf. Diberdayakan oleh Blogger.

Collection

MY PHOTO
-------------------------------------------------
MY TELEVISION
-------------------------------------------------
MY MUSIC
-------------------------------------------------

Label

Recent Posts