Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Make money with google adsense

BAB I
PENDAHULUAN
            1.1.Latar Belakang
            Perkembangan teknologi dan komunikasi yang kian pesat dan sangat maju serta diminati dewasa ini mengacu pada sumber informasi yang tak asing lagi yakni internet. Teknologi internet terus mengalami perkembangan setiap harinya.
Internet tidak hanya digunakan dalam mencari informasi saja, namun kini internet juga bisa dijadikan sebagai lahan untuk mencari penghasilan.

            Salah satu cara menghasilkan uang lewat internet adalah melalui dengan Google Adsense. Layanan Google Adsense ini dijalankan oleh Google, perusahaan yang terpercaya di bidang internet. Dengan menggunakan Google Adsense, anda bisa meraih pendapatan perbulannya. Mendapatkan uang dari google adsense ada tiga cara yaitu melalui website/blog, melalui situs youtube dan melalui google palystore
1.2.Rumusan Masalah
Dalam makalah ini penulis akan membahas hal-hal yang berkaitan mendapatkan uang dari google adsnese, diantaranya:
a)      Apa Itu  Google Adsense?
b)      Sejarah Google Adsnese
c)      Sistem Kerja Google Adsense
d)     Mengapa Memilih Google Adsense?
e)      Cara Mendaftar Progam Google Adsnese
f)       Cara Mendapatkan Uang Dari Google Adsense
g)      Tips Sukses Google Adsense

1.3 Tujuan Pembahasan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
a)      Mengetahui Apa Itu Google Adsense
b)      Mengetahui Sejarah Tentang Google Adsense
c)      Mengetahui Sistem Kerja Google Adsense
d)     Mengetahui Bagaimana Cara Mendaftar Google Adsense
e)      Mengetahui Cara Mendapatkan Uang Dari Google Adsense
f)       Mengetahui Tips Sukses Dengan Google Adsense


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Apa Itu  Google Adsense
Google AdSense merupakan sebuah progam periklanan yang di tujukan untuk bisnis, kerjasama periklanan melalui media Internet yang melibatkan pihak pengiklan dan penerbit iklan. Melalui program periklanan AdSense, google menjadi perantara antara pemilik situs web, blog dan Akun youtube (publisher) dengan para pengiklan (adertiser).
Pemilik situs website, blog dan Akun youtube (publisher) yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya untuk mengikuti progam adsense  di perbolehkan  untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh para pemgiklan dan diterbitkan oleh google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar untuk per klik.
Seperti yang kita tahu Google inc sebagai perusahaan internet terbesar dan pemilik dari situs mesin pencari google yang dimana mesin pencari tersebut di kunjungi oleh puluhan juta orang setiap harinya. Untuk itu google inc memanfaatkan populernya  mesin pencari google yang mengindex website-website yang berada di naungan mesin pencari google untuk menjadi partner dalam progam adsense.
            Singkat kata google adsense merupakan progam jaringan iklan yang sistemnya berbasis PPC atau pay per click. Dengan adanya google adsense akan mempermudah para pengiklan untuk mencari tempat iklan yang dimana iklan tersebut relevan dengan tempat iklan atau dalam hal ini adalah website maupun akun youtube (video di youtube).

2.2 Sejarah Google Adsense
Program jaringan iklan google adsense di dirikan oleh perusahaan internet Google inc, Progam adsense bertujuan untuk membangun jaringan iklan tertarget sehingga memudahkan untuk para pengiklan dalam memasarkan produk mereka sesuai dengan tempatnya.
Pada awal mulanya google adsense mengakuisisi pyra labs pada bulan februar 2003 dan setelah itu pada tanggal 4 maret 2003 Chairman Google dan CEO Erick mengumumkan kepada publik bahwa mereka membuat progam layanan iklan untuk yang tertarget yaitu Adsense.
Untuk mengoptimalkan iklan yang tertarget pada sebuah website, pada April 2003 atau sebulan kemudian google mengakuisisi Applied Semantics yang tehnologinya mendukung layanan Adsense. Applied Semantics didasarkan pada teknologi paten CIRCA, yaitu sebuah teknologi yang mampu memahami, mengorganisasikan, dan melakukan ekstraksi instisari informasi dari website, serta dapat menyimpan informasi sedemikian sehingga menyerupai cara berpikir manusia. Dengan cara ini maka proses pengambilan informasi dapat dilakukan dengan lebih efektif. Aplikasi utama dari teknologi CIRCA adalah pada produk AdSense yang memungkinkan Google memahami dengan lebih baik tema utama dari sebuah website, yang pada gilirannya akan membantu menghadirkan iklan paling relevan dan terfokus sesuai tema utama website tersebut.
Pada tanggal 9 oktober 2006, google mengakuisisi perusahaan Youtube dengan harga USD 1,65 milliar. Website yang menyajikan video streaming ini merupakan sebagai salah satu website video streaming yang paling banyak diakses pengguna internet di seluruh dunia.
Sejak saat itu google menydiakan layanan iklan yang ada dalam video yang telah di upload di situs youtube atau biasa disebut dengan adsense youtube.
Para pemilik akun youtube bisa mendapatkan penghasilan dari hasil mengupload video ke youtube, dengan menampilkan iklan adsense pada video mereka yang sudah di upload pada situs youtube. Semenjak google menerapkan jaringan iklan pada situs streaming youtube,  pada tahun 2010 YouTube menerima laba bersih dengan nominal sebesar USD 544 juta dan pada tahun 2013 memperoleh laba bersih kurang lebih USD 3 miliar.
Setelah mengakuisisi youtube untuk membangun jaringan iklan adsense pada situs youtube, google juga mengakuisisi Admob. Perusahaan Admob  merupakan perusahaan yang bergerak di bidang periklanan untuk platform mobile. Google mengakuisisi admob dengan nilai USD 750 juta pada akhir tahun 2009 yang lalu.
2.3 Sistem kerja google adsense
            Secara umum ada 4 aktor yang terlibat dan berinteraksi dengan google adsense, yaitu advertiser atau pengiklanpenyedia layanan iklan, publisher dan konsumen. secara garis besar sistem kerja google adsense adalah sebagai berikut:
            Publisher memasang iklan melalui layanan google, google sebagai penyedia layanan iklan membantu mempromosikan iklan tersebut agar mudah ditemukan oleh konsumen yang tepat, program tersebut adlah google AdSense, melalui layanan tersebut iklan didistribusikan atau ditampilkan kepada publisher iklan, yang sudah disetujui oleh google, para publisher kemudian akan memasang iklan AdSense pada halaman situs dan blog yang mereka miliki serta video pada youtube yang telah mereka upload, untuk menjadi publisher tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis, publiser akan mendapatkan keuntungan atau income, ketika iklan yang dipasang pada halaman blog yang mereka miliki di klik oleh pengunjung blog/situs mereka, publisher akan dibayar oleh pihak google ke rekening virtual khusus google adsense atau ke akun google adsense yang mereka punya
            Perhitungan income yang didapat oleh publisher sesuai dengan biaya Cost Per Click (CPC) yang dipasang oleh advertiser untuk iklan yang diklik tersebut, publisher bisa mencairkan pendapatan mereka dalam bentuk dolar ketika sudah memenuhi ambang pembayaran.
Secara detail sistem kerja google adsense dengan 4 aktor diatas adalah sebagai berikut:

a. Aktor Pertama adalah Advertiser atau pengiklan
            Advertiser atau pengiklan akan berusaha untuk memanfaatkan penyedia layanan iklan internet dalam hal ini (google AdSense) untuk mempromosikan produk atau perusahaan yang mereka miliki, para pengiklan untuk beriklan di google adsense harus menggunakan tool khusus yang sudah disediakan oleh pihak google, tool tersebut adalah google adword, sebelum bisa menggunakan tool tersebut, pengiklan harus melakukan registrasi google adword terlebih dahulu. setelah memiliki akun google adword, para pengiklan bisa mengajukan permohonan untuk memasang iklan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada google adword tersebut, para pengiklan atau advertiser bisa memilih jenis iklan yang akan mereka pasang dan mereka akan dikenakan biaya beriklan sesuai dengan kesepakatan khusus antara pengiklan dengan pihak google. Dan setiap jenis iklan pun berbeda-beda.
b. Aktor ke 2 adalah Penyedia Layanan Iklan
            Penyedia layanan iklan dalam hal ini adalah, google menyediakan aplikasi web khusus yang dapat memfasilitasi para pengiklan untuk beriklan di google, aplikasi tersebut dikenal dengan nama google adword, ketika pengiklan atau advertiser memutuskan untuk beriklan di google mereka harus memiliki akun google adword terlebih dahulu, setelah itu dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan pada google adword, advertiser bisa memasang iklan mereka dengan format iklan dan biaya tertentu sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pihak google.
c. Aktor ke 3 adalah Publisher Adsense
            Publisher adalah pihak yang membantu google untuk mempublikasikan atau mempromosikan iklan-iklan para advertiser yang sudah terdaftar di google. publisher akan mempublikasikan iklan tersebut melalui halaman situs atau blog yang mereka miliki, oleh karena itu salah satu syarat untuk menjadi publisher google adsense adalah, harus memiliki alamat situs atau blog, baik itu gratis atau berbayar, situs tersebut nanti akan digunakan untuk memasang iklan google AdSense, namun untuk dapat memasang iklan adsense pada blog yang kita miliki sepertinya bukan hal yang mudah.
            Para calon publisher dengan situs atau blognya harus melakukan pengajuan khusus terhadap pihak google agar bisa memsang iklan, dengan kata lain harus daftar google adsense terlebih dahulu, untuk daftar menjadi publisher tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, namun syaratnya kita harus memiliki alamat blog atau situs, setelah melakukan pengajuan, google akan mereview setiap pendaftaran para calon publisher, dan pihak google akan memilih dan menerima publisher yang benar-benar memenuhi kriteria sesuai dengan ketentuan mereka.
d. Aktor ke 4 adalah konsumen
            Konsumen atau para pengunjung website adalah aktor terakhir dari siklus sistem google adsense, konsumen adalah orang yang tertarik dan menemukan iklan adsense baik itu sengaja maupun tidak sengaja , ketika konsumen berminat terhadap iklan adsense yang mereka temukan, pada umumnya mereka akan mengklik iklan tersebut untuk mendapatkan informasi detail mengenai iklan tersebut, dengan demikian tujuan si pemasang iklan terpenuhi, dan pemasang iklan akan dipungut biaya atas proses tersebut oleh pihak google, sedangkan publisher akan mendapatkan pembagian keuntungan dari pihak google sesuai dengan biaya yang telah ditetapkan.
Ilustrasi sederhana sistem kerja google adsense:
Advertiser mengiklankan produk                      google memproses iklan dan mengontrol iklan             iklan diterbitkan  publisher yang terdaftar pada sistem google adsense            para pembaca mengklik iklan            earning atau saldo pembayaran untuk publisher muncul.

2.4 Mengapa Memilih Google Adsense?
            Google adsense merupakan jaringan periklanan online yang menggunakan sistem PPC, sebenarnya banyak sekali sistem PPC selain google adsense. Namun google adsense adalah jaringan periklanan online yang banyak diminati para pengiklan dan penerbit hingga saat ini.
Alasan mengapa google adsense diminati Advertiser:
1.      Sistem yang sudah canggih
2.      Lebih efisien ketimbang progam PPC lainnya
3.      Memiliki sistem mangament dan pembayaran yang akurat
4.      Iklan yang tertarget
5.      Para pengiklan dapat meriset kata kunci yang di inginkan
6.      Terpercaya  dan reputasinya tidak perlu diragukan lagi karena PPC ini milik perusahaan besar google
Alasan mengapa google adsense diminati Publisher:
1.      Nilai klik per iklannya lebih tinggi dibanding yang lain
2.      Jenis iklan yang ditampilkan bervariasi
3.      Pasti dibayar karena tidak ada unsur penipuan atau scam
2.5 Cara Mendaftar Progam Google Adsnese
            Sebelum anda belajar cara untuk mendapatkan uang dari adsense, sebaiknya anda terlebih dahulu mempunyai akun google adsne, cara mendaftar Progam google adsnese melalui website/akun youtube.
            1..Mendaftar melalui website/blog
cara pertama untuk mendaftar google adsense adalah dengan mendaftar menggunakan media website atau blog, sebuah website atau blog yang sudah layak untuk didaftarkan progam google adsense mempunyai beberapa kriteria yaitu:
1.      Apabila anda menggunakan blog dengan subdomain dari blogspot.com harus menunggu hingga tombol sign up adsense pada menu dashbord muncul
2.      Mempunyai sedikitnya 15-20 content dengan ketentuan content bukan hasil copy paste, melainkan murni original content
3.      Semua content yang sudah di terbitkan haruslah terindex pada sistem database google
4.      Secara tertulis bahwa google menyukai blog yang memiliki banyak konten yang menarik. Semakin informatif tulisan, semakin baik, kesempatan diterima Google AdSense pun semakin besar.
5.      Memiliki tampilan navigasi yang jelas, sehingga memudahkan para pembaca dalam menjelajahi website/blog tersebut
            Setelah kriteria terpenuhi maka blog tersebut sudah bisa didaftarkan untuk mengikuti progam google adsense, untuk yang menggunakan Top Level domain (TLD) tidak perlu lagi menunggu hingga tombol sign up pada menu dashbor aktif. Khusus untuk Top Level Domain bisa langsung mendaftar melalui website http://www.google.com/adsense/start/ dan mengisi kolom:
·         Alamat website
·         Bahasa yang ada pada website yang didaftar
Kemudian untuk langkah selanjutnya adalah memasukkan identias diri dengan format sebagai berikut:
·         Country or territory:
·         Time zone:
·         Account type
·         Payee name:
·         Street address:
·         City/Town:
·         Province:
·         Postal code:
·         Phone:
            Setelah mengisi kolom identas dan mendaftar, akan ada review pertama dan review kedua. Review pertama kurang lebih membutuhkan waktu 1 hari dan review kedua kurang lebih membutuhkan antara 5-10 hari. Jika lolos review pertama maka akan dimintai untuk menyutujui segala peraturan dan kebijakan yang telah dibuat oleh google pada progam google adsense. Setelah setuju , maka langkah selanjutnya adalah review kedua yaitu pemasangan script iklan pada website/blog yang telah di daftarkan.
            2.mendaftar melalui akun youtube
            Setelah youtube di akuisisi oleh google, kini mendaftar google adsense dapat juga dilkukan melalui akun youtube, namun ada persyaratan yang harus di penuhi yaitu video yang di upload merupakan hasil dari karya sendiri dan bukan merupakan hasil reupload.
            cara untuk mendaftar google adsense melalui youtube tidak jauh berbeda dengan mendaftar melalui website/blog.
1.      monitize video
2.      mengisis identias
3.      submit aplied
2.6 Cara mendapatkan uang dari google adsense
            Google andsense sebagai progam periklanan memiliki 3 target pasar, yaitu para pemilik website, para pemilik akun youtube dan pengembang / developer android. Jadi ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari google adsense.
1.      Google Adsemse Pada Website atau Blog
            Jika anda berminat untuk menjadi seorang mengikuti progam google adsense, dan menjadi seorang publisher adsense maka hal yang anda butuhkan adalah mempunyai sebuah blog atau website.

a. Tahap Pertama (Membangun website)
1. Memilih Tema Website
            Memilih tema sebuah website merupakan hal yang sangat penting, seperti sebuah website yang bertemakan tentang teknologi, kesehatan, real estate, pariwisata, kuliner, otomotif, olahraga dan lain sebagainya. Usahakan memilih tema yang sesuai dengan kemampuan atau hoby, agar lebih memudahkan dalam menulis content.
2. Membeli Domain+Self hosting / Blog Gratisan
            Ada dua opsi yaitu menggunakan Top Level Domain (TLD) beserta Hostingnya atau menggunakan Blog gratisan subdomain blogcspot.
3.Menulis Content
            Sebuah website atau blog haruslah mempunyai content agar dapat di baca oleh para pembaca, sangat mustahil jika sebuah website atau blog mempunyai pengunjung tanpa adanya sebuah content.
B.Tahap Kedua (Meningkatkan pengunjung)
            Setelah tahap pertama selesai, maka dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu menigkatkan pengunjung, pengunjung sebuah website menjadi faktor yang sangat penting dalam menghasilkan uang, karena yang akan mengklik iklan pada website adalah para pengunjung website. Pengunjung dapat datang dari mana saja namun yang paling efektif adalah datang dari mesin pencari (search engine) disntaranya adalah Bing dan Google. Untuk mendapatkan pengunjung melalui mesin pencari di butuhkan sebuah teknik yaitu SEO (Search Engine Optimization).
            SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

            Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
1.Setting dasar seo on page pada website
-memasang description tag
-memasang title tag
2.setting dasar seo off page
-membangun in bound link
-share ke social media
-share ke social bookmark
2.      Google Adsense Pada Youtube
            Berbeda dengan website, jika pada website ang diandalkan adalah original content, untuk mendapatkan uang melalui youtube. Di perlukan video yang original. Ketika mengupload video di youtube maka video tersebut dirivew terlebih dahulu oleh pihak youtube, apakah sama persis dengan yang lain atau tidak. Untuk itu di perlukan teknik pengeditan video yang bagus agar video tersebut dapat diterima oleh google.
A.Memilih tema tema video
            Memilih tema video yang paling banyak di cari, tema video yang paling banyak dicari tentunya memiliki viewer yang potensial setiap harinya, tema seperti lirik lagu, reviewpertandianga sepak bola, tutorial memiliki jumlah pencari yang banyak sekali setiap harinya.
b. Riset kata kunci
            Kata kunci adalah hal yang penting, karena faktor penentu sebuah video akan muncul pada halaman satu youtube atau tidak, semakin bagus teknik riset kata kunci maka semakin bagus pula untuk dapat berada pada halaman satu pencarian di situs youtube
            3.Google Adsense Pada Android
            Untuk mendapat uang dari google adsense melalui android, tentunya  harus mempunya sebuah aplikasi android yang sudah di upload di google playstore. Namun sebelum mengupload harus mempunya akun google developer terlebih dahulu. Akun developer adalah sebuah akun yang dapat mengupload sebuah aplikasi android ke google playstore.
2.7 Tips Sukses Google Adsense
            Diberlukan berbagai usaha dan cara untuk dapat berhasil mendapatkan uang dari google adsense, diantaranya:
1.Konsisten dalam membangun website/mengupload video/membuat aplikasi android
2.Selalu mengupdate teknik dalam hal SEO
3.Bekerjasama dengan seorang partner yang lebih mengerti tentang SEO dan Google Adsense
4.Tidak mudah putus asa

BAB II
PENUTUP
1.1  Kesimpulan
Dari beberapa penejelasan yang sudah disebutkan diatas dapat diambil beberapa kesimpulkan diantaranya:
a.       Google adnse merupakan progam periklanan online yang tertarget dengan metode PPC
b.      Awal berdirinya progam google adsense berawal dari pengakuisisian pyra labs pada bulan februari 2003 dan di lanjutkan dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain sebagai pendukung progam google adsense
c.       Secara sederhana sistem kerja google adsnese adalah pengiklan mengiklankan produk  -  google menerbitkan iklan melalui penerbit yang sudah terdaftar progam google adsense – iklan tampil pada website penerbit – pengunjung mengklik iklan – penerbit mendapatkana uang dari pengiklan melalui google
d.      Alasana kenapa google adsense lebih baik ketimbang progam PPC lainnya salah satunya adalah karena iklan yang keluar pada penerbit rata-rata relevan dengan tema website tersebut, sehingga potensi pengunjung untuk mengklik iklan terbilang cukup tinggi
e.       Cara mendapatkan uang dari google adsense ada tiga cara yaitu melalui website/blog, melalui youtube, melalui google playstore
3.2. Saran
            Jika para pembaca ingin mendapatkan uang dari google adsense maka harus dibutuhkan kesabaran dan konsisten, karena dibutuhkan waktu dan biaya dalam membangun website, riset kata kunci dan lain-lainnya. Mengikuti seminar atau forum google adsnese dapat mengupgrade kemampuan atau teknik dalam google adsense.




Share:

Popular Posts

Fikri Rf. Diberdayakan oleh Blogger.

Collection

MY PHOTO
-------------------------------------------------
MY TELEVISION
-------------------------------------------------
MY MUSIC
-------------------------------------------------

Label

Recent Posts